Kegiatan Pendidikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari

Mukadimah

Segala puji bagi Allah, salawat dan salam semoga tercurah kepada nabi Muhammad, para sahabatnya, dan segenap pengikut setia mereka. Amma ba’du.

Pendidikan, suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh umat Islam. Karena dengan pendidikan itulah mereka akan bisa memahami dan menyebarkan ajaran-ajaran al-Qur’an di atas muka bumi ini, yang dengannya umat ini akan berjaya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat sebagian kaum dengan Kitab (al-Qur’an) ini dan akan merendahkan sebagian yang lain karenanya.” (HR. Muslim).

Dengan pendidikan yang benar, akan terlahir sosok muslim yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Itu artinya, pendidikan akan mengantarkan mereka menuju kebahagiaan di dunia dan di akherat. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya sungguh dia pasti akan mendapatkan kemenangan yang sangat besar.” (QS. al-Ahzab: 71). Allah ta’ala juga berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, maka dia tidak akan sesat dan tidak pula celaka.” (QS. Thaha: 123). Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma berkata, “Allah menjamin bagi siapa saja yang membaca al-Qur’an dan mengamalkan ajaran yang ada di dalamnya, bahwa dia tidak akan sesat di dunia dan tidak akan celaka di akherat.”

Dengan latar belakang itulah, Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari berupaya untuk menyusun sebuah sistem pendidikan untuk mahasiswa muslim yang menempuh jenjang pendidikan di perguruan-perguruan tinggi, di sekitar UGM secara khusus serta kampus-kampus lain di Yogyakarta dan sekitarnya. Sistem pendidikan yang diharapkan bisa memberikan bekal pemahaman agama yang benar secara proporsional kepada para mahasiswa ini telah dirintis sejak kurang lebih sepuluh tahun yang silam oleh para ustadz dan da’i yang menggerakkan dakwah Ahlus Sunnah di kota ini.

Dalam tulisan ini, kami akan memaparkan secara ringkas mengenai perkembangan kegiatan pendidikan yang dilaksanakan. Dengan harapan hal itu bisa menjadi referensi tambahan bagi saudara-saudara kami yang bergerak dalam dakwah kampus di mana saja mereka berada. Di samping itu, kami juga membuka kesempatan bagi kaum muslimin yang ingin berpartisipasi di dalamnya dalam bentuk pikiran, tenaga, pendanaan dan lain sebagainya. Semoga Allah menjadikan amal ini ikhlas untuk mengharap wajah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengabulkan doa.

Gambaran Umum

Bidang pendidikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari ditopang oleh 5 divisi, yaitu:

  1. Ma’had al-‘Ilmi
  2. Ma’had ‘Umar bin Khattab
  3. Ma’had Syabaabul Masjid
  4. Forum Kajian Islam Mahasiswa
  5. Wisma Muslim

Ma’had al-‘Ilmi

Ma’had al-‘Ilmi, sebuah lembaga pendidikan semi pesantren yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari dan diperuntukkan bagi para mahasiswa yang ingin mendalami dasar-dasar ilmu agama melalui kitab-kitab para ulama yang berbahasa arab. Pendidikan diselenggarakan dengan mengambil waktu sore dan malam hari yang merupakan waktu luang para mahasiswa. Pelajaran yang dibuka mencakup; tauhid, aqidah, ushul hadits, hadits, ushul fiqh, fiqh, ushul tafsir, hafalan al-Qur’an dan hadits. Tempat belajar di masjid-masjid di sekitar kampus UGM, tepatnya di daerah Pogung (utara Fak. Teknik UGM), seperti misalnya; Masjid Pogung Raya, Masjid al-Kautsar, Masjid al-Ashri, Masjid Pogung Dalangan, dan lain-lain.

Ma’had ini juga memiliki kelas khusus untuk muslimah, dengan kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan di wisma muslimah dan di masjid. Adapun untuk putri hanya dibuka program pendidikan untuk satu tahun, dan bagi yang memenuhi kriteria bisa melanjutkan program mulazamah. Jumlah santri putra setiap angkatan kurang lebih 20 orang, rata-rata adalah mahasiswa UGM. Penerimaan dibuka setiap 2 tahun sekali. Selain kajian rutin, Ma’had juga mengadakan daurah/kajian intensif pada saat-saat liburan akhir semester dan dibuka pula untuk umum.

Pengajar Ma’had adalah para ustadz dari pondok Jamilurrahman Bantul, Islamic Center Bin Baz dan Hamalat al-Qur’an serta alumni Ma’had al-‘Ilmi. Diantaranya adalah: Ust. Abu Sa’ad, M.A., Ust. Marwan, Ust. Afifi Abdul Wadud dan Ust. Aris Munandar, S.S.

Lulusan dari Ma’had ini telah banyak berperan dalam mengurus dan mengembangkan kegiatan dakwah di sekitar kampus dalam bentuk; tulisan artikel di buletin, artikel website, ceramah Ramadhan, khutbah Jum’at, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Sejak pertama kali dibuka pada tahun 2003, Ma’had ini telah meluluskan setidaknya 7 angkatan. Pada awalnya penerimaan santri baru dibuka setiap tahun sekali, akan tetapi karena kendala keterbatasan pengajar maka sejak tahun 2008 hanya dibuka setiap 2 tahun sekali.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Ma’had al-‘Ilmi bisa menghubungi kontak Mudir Ma’had di no hp 0856 4255 2157 atau via email ke alamat: santritauhid@gmail.com.

Bersambung, insya Allah…

This entry was posted in Dakwah and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *