Mengenal Risalah al-Qawa’id al-Arba’

Risalah al-Qawa’id al-Arba’ [empat kaidah] adalah salah satu karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Risalah ini meskipun ringkas, namun ia telah mengandung pokok-pokok aqidah yang semestinya dipahami oleh setiap insan.

Syaikh Shalih bin Abdul ‘Aziz alusy Syaikh hafizhahullah berkata, “Empat kaidah ini diambil dari dalil-dalil al-Kitab dan as-Sunnah serta dilandasi dengan pemahaman terhadap realita kondisi kaum musyrikin arab -sebagaimana akan datang penjelasannya-; ini adalah kaidah-kaidah agung yang akan melindungi orang yang memelihara dan mengetahui maknanya sehingga dia akan terbebas dari kebimbangan dalam hal hukum tentang orang-orang musyrik dan dia juga akan mengetahui bagaimanakah cara yang benar dalam mewujudkan pemurnian ibadah untuk Allah jalla wa ‘ala semata.” (lihat Syarh al-Qawa’id al-Arba’, hal. 3) 

Risalah ini, meskipun sedikit kata-katanya akan tetapi besar manfaatnya. Muatannya merupakan solusi bagi suatu problem yang sangat besar yang menjangkiti telah umat ini yaitu terjadinya kemusyrikan akibat sikap yang berlebihan dalam mengagungkan para wali dan orang-orang salih. Dengan kaidah-kaidah yang dipaparkan di dalamnya, seorang ahli tauhid akan bisa melindungi diri dari ‘penyakit ganas’ yang merebak ke mana-mana (lihat Syarh al-Qawa’id al-Arba’, hal. 6 karya Muhammad bin Sa’ad al-Hanin)

Berikut kami informasikan beberapa kitab atau transkrip ceramah berbahasa arab yang menjelaskan risalah ini yang bisa diunduh scara gratis via internet dalam format PDF.

Syarh al-Qawa’id al-Arba’ oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alusy Syaikh
Bisa diunduh dari [sini]

Syarh al-Qawa’id al-Arba’ oleh Syaikh Abdurrahman bin Nashir al-Barrak
Bisa diunduh dari [sini]

Syarh al-Qawa’id al-Arba’ oleh Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan
Bisa diunduh dari [sini]

Syarh al-Qawa’id al-Arba’ oleh Syaikh Shalih bin Sa’ad as-Suhaimi
Bisa diunduh dari [sini]

Did you like this? Share it:
This entry was posted in Dakwah, Kitab and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *