Tujuh Faidah Dzikir

Mengingat Allah (baca: dzikir) merupakan pokok daripada syukur. Manfaat yang besar dapat diperoleh dengan mengerjakan amalan ini. Namun, sayang sekali kebanyakan orang melupakan dan melalaikannya. Padahal, faedah dzikir itu banyak sekali, di antaranya adalah:

[1] Mendatangkan pertolongan Allah

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Maka ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku pun akan mengingat kalian.” (QS. al-Baqarah: 152)

[2] Mendatangkan ampunan dan pahala yang besar

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Orang-orang yang banyak berdzikir kepada Allah, lelaki maupun perempuan, maka Allah sediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang sangat besar.” (QS. al-Ahzab: 35)

[3] Sebab hidupnya hati

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang mengingat Rabbnya (Allah) dengan orang yang tidak mengingat Rabbnya, seperti perumpamaan orang yang hidup dengan orang yang sudah mati.” (HR. Bukhari)

[4] Mendatangkan ketentraman jiwa

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Ingatlah, dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tentram.” (QS. ar-Ra’d: 28)

[5] Jauh dari perangkap setan

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang berpaling dari mengingat ar-Rahman maka akan Kami jadikan setan sebagai pendamping yang selalu menemaninya.” (QS. az-Zukhruf: 36)

[6] Jalan menuju keikhlasan

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya orang-orang munafik itu berusaha mengelabui Allah, sedangkan Allah justru mengelabui mereka. Apabila mereka berdiri untuk sholat maka mereka berdiri dengan penuh kemalasan, mereka mencari-cari pujian manusia, dan mereka sama sekali tidak mengingat Allah kecuali sedikit.” (QS. an-Nisaa’: 142)

[7] Perlindungan Allah pada hari kiamat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tujuh golongan yang mendapatkan naungan Allah pada hari kiamat… di antaranya adalah seorang lelaki yang mengingat Allah dalam keadaan sepi, kemudian meneteslah air matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan yang perlu diingat bahwasanya dzikir yang benar adalah yang dilandasi keikhlasan niat dan dikerjakan dengan mengikuti Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allahul muwaffiq.

This entry was posted in Keutamaan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Tujuh Faidah Dzikir

  1. dimas says:

    nggak ada ruginya dzikir,selain diingat oleh Allah di dunia insya allah kita akan di rahmati di akherat kelak

  2. wawar05 says:

    assalamu alaykum,

    ane copas yah gan, buat diposting di suatu forum, ane cantumin sumbernya kok.. thanks in advance yah gan.

  3. subhanallah.memang bnr apa yg ditulis dlm artikel saudara kita ini.dgn dzikir salah satu faidahnya adalah ketenangan,ketentraman dan keikhlasan dlm hidup.sy sndiri sdh merasakan faidah dari dzikir.ketenangan dlm hidup walau kehidupan saya jauh dari kemewahan dan kemegahan.itu salah satunya.tak perlu pnjng lebar sy komantari soal faidah dzikir, sebab susah untuk d jlskan secara rinci.saran sy tuk pembaca artikel ini.coba jalankan DZIKIR SECARA RUTIN insyALLAH anda akan merasakan faidahnya.
    utk saudara kita yg punya ini artikel JEMPOL tuk artikel anda.saran saya teruskanlah buat artikel2 seperti ini,sebab masih bnyak saudara2 kita yg membutuhkan.termasuk saya pribadi.
    wassalam
    AHMAD KHAIR HZ
    jkt 19-04-2012

  4. Yusii Quite says:

    berdzikir kpd allah,adlh suatu prnth yg hrs kta jlankn..brdzikir dpt mmprtebal taqwa,mmprtebal iman untk senantiasa ingat kpd allah..brdzikir brarti olh rsa,olh jwa agr senantiasa ingt kpd allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *